Mengapa Chromebook saya tidak terhubung ke WiFi? (Terselesaikan)

Baru setelah saya mengalami masalah konektivitas di Chromebook saya sendiri musim semi lalu, saya menyadari pentingnya salah satu fiturnya. Terlepas dari pabrikan tempat Anda membeli Chromebook, Chromebook menggunakan OS Chrome yang sama. Jadi siapa pun yang menggunakan OS ini dapat membantu saya menyelesaikan masalah saya!

Firmware perangkat dan kesalahan terkait perangkat lunak adalah penyebab utama masalah konektivitas wifi di Chromebook. Masalah seperti itu tidak jarang dan dapat diselesaikan dengan relatif mudah. Penyebab lainnya termasuk pengaturan jaringan yang ketat, OS perangkat yang kedaluwarsa, dan router yang dinonaktifkan.

Di sisa artikel ini, saya akan membahas beberapa perbaikan sederhana untuk masalah yang disebutkan ini.

Opsi pemecahan masalah yang memungkinkan

Untuk memperbaiki masalah, Anda perlu tahu mengapa itu terjadi. Mari kita lihat beberapa masalah umum terkait Chromebook dan konektivitas WiFi.

Masalah umum

Sebelum menggali lebih dalam opsi potensial Anda, periksa apakah sakelar wifi dihidupkan. Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi sesuatu yang sederhana seperti ini sering kali dapat menyebabkan masalah koneksi.

Di depan itu, jika Anda belum melakukannya, coba putuskan dan sambungkan kembali ke jaringan wifi Anda.

Kebanyakan orang melakukannya sendiri, yang biasanya berhasil, jadi coba dekati router dengan perangkat Anda dan lihat apakah itu membantu Chromebook Anda mengatasi masalah tersebut. Anda bahkan dapat mencoba memulai ulang router dan Chromebook untuk memastikan.

Panduan mengatasi masalah

Jika tidak ada cara di atas yang berhasil untuk Anda, coba peretasan berikut:

  1. Nonaktifkan pengaturan jaringan pilihan Anda dan jalankan “Diagnostik Konektivitas Chrome” jika masalah berlanjut. Chromebook Anda menjalankan pemindaian cepat atas nama Anda dan menemukan kemungkinan penyebab masalah konektivitas Anda. Ini kemudian dapat diatasi lebih lanjut dalam menu diagnosis.
  2. Anda dapat menghubungi administrator jaringan Anda atau mengakses pengaturan administrator untuk memastikan Perangkat Anda masuk daftar putih. Pergi ke “WLAN“, di mana Anda menemukan”Keamanan” panel. Di sini Anda akan dapat melihat daftar semua perangkat yang masuk daftar hitam dan menghapus Chromebook Anda jika berhasil.
  3. Jika laptop memiliki masalah menangkap sinyal wifi karena masalah internal, coba sambungkan ke adaptor wifi USB. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan port Ethernet untuk melihat apakah itu membantu Anda kembali online. Port Ethernet akan membuat koneksi kabel dengan Chromebook. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah masalahnya ada pada adaptor jaringan nirkabel atau Chromebook itu sendiri.

Solusi yang tidak konvensional

Jika Anda menemukan masalah dan Chromebook Anda masih dalam garansi, coba dapatkan bantuan profesional dari produsennya. Namun jika tidak, mungkin lebih baik meningkatkan ke Chromebook kelas atas daripada membelanjakan lebih banyak untuk memperbaiki perangkat yang sama.

Jika tidak ada yang berhasil untuk Anda, langkah terakhir dan paling tidak menguntungkan adalah mengatur ulang Chromebook Anda secara manual. Menyetel ulang perangkat dengan keras akan menghilangkan kesalahan apa pun yang mungkin dimiliki mesin dan menyetel ulang ke setelan pabrik.

Video tutorial

Pikiran terakhir

Meskipun Chromebook pada umumnya adalah perangkat yang cukup solid dan terlindungi dengan baik, sering kali mengalami masalah. Koneksi Wifi merupakan salah satu yang termudah dan harus ditangani tanpa masalah.

Namun jika pengobatan rumahan tidak berhasil, Anda selalu dapat mencoba menghubungi pabrikan untuk bantuan lebih lanjut atau perangkat pengganti!

Terkait

Leave a Comment