Cara reset Premiere Pro Layout dengan cepat dan mudah

Terakhir diperbarui 8 Desember 2022

Opsi pengaturan ulang tata letak Premiere Pro memungkinkan Anda untuk kembali ke pengaturan ruang kerja asli atau default. Ini berguna saat Anda membuka terlalu banyak fitur dan alat dan tidak dapat melacak kemajuan Anda. Jadi bagaimana cara kerjanya?

Anda dapat mengatur ulang tata letak Premiere Pro menggunakan pintasan keyboard. Jika Anda memiliki Mac, tahan tombol Option dan Shift; di Windows, tekan tombol ALT dan Shift sebagai gantinya. Anda juga dapat mengatur ulang pengaturan dengan menavigasi melalui menu drop-down Window.

Editor yang menggunakan Premiere Pro sering mengalami masalah seperti panel kosong atau menu di luar pusat. Dalam situasi ini, pengaturan ulang tata letak dapat menghemat waktu yang berharga dengan mengembalikan antarmuka ke keadaan default atau ke tata letak pilihan yang telah Anda simpan. Ada beberapa cara untuk mengatur ulang pengaturan. Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Setel ulang penyiapan Premiere Pro menggunakan menu

Cara tercepat untuk mengatur ulang penyiapan Premiere Pro Anda adalah dengan menggunakan pintasan yang diuraikan di atas. Tetapi jika pintasan keyboard tidak berfungsi karena alasan tertentu, Anda juga dapat menggunakan menu Windows untuk mengatur ulang pengaturan. Ada dua cara untuk melakukan ini:

Metode pertama

  1. Pertama pergi ke “Jendela” di menu. Letaknya di sebelah “Melihat” tab. Menu drop-down muncul saat Anda mengkliknya.
  2. Langkah kedua adalah memilih “Area kerja” dari menu drop-down. Anda akan mendapatkan menu lain.
  3. Dari opsi yang tersedia pilih “Setel ulang ke penyiapan tersimpan“.
Atur ulang tata letak premiere pro metode pertama

Metode kedua

  1. Klik dua kali tab edit untuk membuka dialog yang meminta Anda mengonfirmasi pengaturan ulang.
  2. Klik ya.
  3. Alternatifnya, klik “tiga baris” di sebelah tab edit di menu atas dan pilih Atur Ulang ke Tata Letak Tersimpan.

Sesuaikan ruang kerja Anda

Berkat opsi reset, Anda dapat menyesuaikan ruang kerja default di Premiere Pro tanpa khawatir. Jika Anda tidak menyukai perubahannya, Anda selalu dapat kembali ke tata letak default.

Inilah cara Anda bermain dengan ruang kerja Anda.

Jendela yang Anda dapatkan setelah membuka perangkat lunak adalah ruang kerja Anda. Dua kotak teratas adalah monitor Sumber (kiri) dan Program (kanan), dan dua kotak paling bawah adalah Timeline (kanan) dan Panel Proyek (kiri). Anda dapat memindahkan dan mengubah ukuran panel ini sesuka Anda.

Anda dapat menyembunyikan, memindahkan, dan bahkan menghapus ruang kerja Anda dengan mengklik Workspace dan memilih Edit Workspaces dari menu drop-down.

Jangan pernah lupa untuk menyimpan perubahan Anda ke ruang kerja default jika nanti Anda ingin kembali ke ruang kerja kustom. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Klik “Area kerja” di bilah menu dan pilih “Simpan sebagai ruang kerja baru” dari menu tarik-turun. Anda akan diberi opsi untuk menamai tata letak yang baru disesuaikan. Setelah mengetik nama, tekan “Menyimpan“.
  2. Sekarang untuk mengakses ruang kerja ini, Anda perlu mengklik “Area kerja“. Menu tarik-turun akan memiliki nama ruang kerja yang Anda simpan. Mengklik tata letak yang disimpan akan membuka ruang kerja pilihan.
  3. Anda selalu dapat mengatur ulang penyiapan kapan saja jika Anda tidak menyukai perubahannya.

Video tutorial

Kesimpulan

Opsi atur ulang tata letak berguna jika Anda seorang pemula dan suka bereksperimen dengan ruang kerja Anda. Anda dapat mengubah ukuran jendela dan menjelajahi perangkat lunak tanpa khawatir tentang “merapikan” ruang kerja Anda saat bepergian.

Selain itu, bahkan editor berpengalaman pun menggunakan opsi setel ulang saat mereka kehilangan panel dan menu.

Terkait

Leave a Comment