Cara menandai produk sebagai “stok habis” di Shopify

Terakhir diperbarui 8 Desember 2022

Selalu terasa menyenangkan saat Anda berhasil menjual produk di Shopify. Pada saat yang sama, Anda perlu memastikan bahwa akun Shopify Anda mencerminkan status produk secara akurat. Anda dapat dengan mudah menandai item sebagai “stok habis” dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini.

Inilah cara Anda dapat menandai item sebagai terjual habis di Shopify:

  1. Masuk ke Dasbor Shopify
  2. Pilih “Produk”
  3. Pilih produk yang ingin Anda perbarui
  4. Scroll ke bawah ke “Inventaris”
  5. Klik nomor di bawah kolom “Tersedia”.
  6. Masukkan 0 untuk menunjukkan bahwa tidak ada produk yang tersedia
  7. Konfirmasikan jumlah yang diperbarui dan klik Simpan

Shopify memudahkan pengeditan jumlah produk dan memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk mengelola ketersediaan produk. Baca terus untuk penjelasan lebih rinci tentang langkah-langkah di atas.

Baca panduan kami jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Shopify. Pelajari cara menemukan ID Produk Shopify Anda.

Jika Anda tertarik untuk menemukan lebih banyak aplikasi Shopify yang harus dimiliki, lihat panduan ini:

Panduan langkah demi langkah

1. Masuk ke Shopify dan masuk ke dasbor

Dasbor Shopify adalah mode “back office” yang berisi semua kontrol untuk mengelola bisnis Anda. Setelah masuk, layar pertama yang Anda lihat adalah “beranda”. Anda dapat mengelola inventaris, mengedit harga, menjalankan laporan, dan menyiapkan toko Anda dari halaman ini.

2. Pilih “Produk”

Layar Produk di Dasbor Shopify memungkinkan Anda menambahkan produk baru, membuat perubahan pada produk yang sudah ada, dan menghapus produk yang tidak lagi tersedia.

Anda juga dapat menjalankan laporan yang berguna untuk memberikan wawasan tentang penjualan Anda. Beberapa laporan tersebut antara lain:

  • Tingkat penjualan produk
  • Hari dengan sisa persediaan
  • Nilai saham
Produk di shopify

3. Pilih produk yang ingin Anda perbarui

Layar Produk akan menampilkan semua produk Anda saat ini yang dimuat ke Shopify. Anda harus memilih elemen mana yang ingin Anda perbarui. Setelah Anda memilih produk yang benar, akan ada beberapa opsi pengeditan yang dapat Anda pilih. Dalam hal ini, pilih “Inventaris”.

Jika Anda menggunakan varian, Anda harus membuka bagian varian dan memilih varian pilihan Anda.

4. Gulir ke bawah ke “Inventaris”

Seperti namanya, halaman “Inventaris” adalah tempat perubahan dilakukan pada jumlah inventaris. Di sini Anda juga dapat menjalankan laporan untuk melacak inventaris saat ini dan meninjau perubahan inventaris historis. Melacak metrik ini membantu mencegah overselling dan memberi Anda gambaran kapan Anda perlu mengisi ulang.

Inventaris

5. Klik nomor di kolom “Tersedia”.

Anda harus mengubah jumlah yang tersedia untuk menandai produk sebagai kehabisan stok.

Saat Anda memilih nomor seperti yang ditunjukkan pada kotak merah di atas, Shopify akan mengarahkan Anda ke modal yang dapat diedit di mana Anda dapat menyesuaikan kuantitas dengan menambahkan, mengurangi, atau mengatur ulang sepenuhnya nomor yang tersedia.

Pilih jumlahnya

6. Ubah jumlahnya menjadi “0” dan pilih “Simpan”

Memilih “Simpan” akan menyelesaikan proses.

Pastikan untuk menyatakan alasan Anda melakukan perubahan ini, jadi jika ada karyawan yang perlu kembali dan mencari tahu alasannya, mereka akan mengetahuinya.

Karena produk Anda kehabisan stok, nomor yang harus Anda masukkan kembali adalah 0.

Ubah kuantitas yang tersedia menjadi 0 terjual habis dasbor shopify

Setelah memperbarui hitungan ke 0, periksa apakah hitungan menunjukkan jumlah yang benar. Di layar inventaris, di bawah “Kuantitas”, seharusnya mencerminkan 0 produk yang tersedia. Periksa kembali apakah Anda telah memasukkan nomor ini dengan benar dan pilih “Simpan”.

Jumlah diatur ke 0 yang berarti terjual habis

Video tutorial

Pikiran terakhir

Menjual melalui produk adalah kabar baik dan biasanya menunjukkan bahwa bisnis kita berjalan dengan baik. Cukup ikuti delapan langkah mudah ini untuk memperbarui inventaris Shopify Anda, sehingga Anda dapat menghindari situasi overselling yang berantakan.

Sumber

Leave a Comment