Berapa banyak perangkat yang dapat dihubungkan ke WiFi? Koneksi lambat diperbaiki

Saat ini, kita dapat melakukan hampir semua hal di Internet – perbankan, pekerjaan, komunikasi, dan lainnya. Tapi sekarang semuanya sudah digital, bisakah wifi kita benar-benar menangani semua perangkat kita tanpa kelebihan beban? Berapa banyak perangkat yang dapat kita sambungkan ke satu router wifi?

Maksimal 250 perangkat dapat terhubung ke sebagian besar router wifi. Namun, meskipun dimungkinkan untuk menghubungkan begitu banyak perangkat, disarankan untuk membatasi jumlah koneksi hanya tiga hingga empat untuk memaksimalkan kecepatan Internet. Menghubungkan terlalu banyak perangkat ke satu router wifi dapat menyebabkan kemacetan.

Di sisa artikel ini, kita akan membahas hal-hal yang memperlambat kecepatan wifi Anda dan cara memperbaikinya.

Apa yang menyebabkan kecepatan internet menjadi lambat

Kecepatan internet adalah salah satu faktor produktivitas terpenting dalam dunia digital yang bergerak cepat. Jika Anda telah memilih koneksi Internet yang sangat lambat dan tidak mengerti mengapa sangat lambat, berikut adalah kemungkinan penyebabnya dan apa yang dapat Anda lakukan:

Terlalu banyak perangkat yang terhubung ke WiFi

Sebagian besar router wifi mengklaim dapat menangani hingga 250 perangkat yang terhubung secara bersamaan. Namun, ini sebenarnya bukan bagaimana pengaturan pengguna sebenarnya.

Jika Anda adalah pengguna berat dengan banyak lalu lintas harian, ini tidak ideal untuk berbagi koneksi yang sama dengan terlalu banyak pengguna lain. Anda membutuhkan banyak bandwidth, dan membuat orang lain menggunakan ruang berharga akan memperlambat Anda. Bisa lebih buruk lagi jika Anda perlu menghubungkan beberapa perangkat.

Perhatikan bahwa “pengguna” tidak berarti orang di sini. Semua perangkat yang terhubung ke wifi yang sama mempengaruhi kecepatan internet. Jadi, jika Anda memiliki beberapa perangkat yang kecepatannya lebih cepat, seperti smartphone, laptop, kamera berkemampuan wifi, dan sebagainya, dan Internet sangat lambat, coba putuskan sambungan perangkat Anda yang lain.

Anda membutuhkan peningkatan

Jika hanya satu atau dua perangkat yang terhubung ke wifi dan Anda masih mengalami kecepatan yang sangat lambat, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda memerlukan peningkatan. Anda dapat menjalankan perangkat keras yang sudah usang atau dengan bandwidth yang sangat rendah.

Router dan jalur wifi yang ketinggalan zaman mungkin tidak dapat mendukung pengguna Internet berat yang sekarang membutuhkan banyak tugas sehari-hari.

Anda menjalankan pengulang WiFi

Jika Anda berpikir menggunakan wifi extender atau repeater dapat menyelesaikan masalah Anda, pikirkan lagi. Ya, Anda mungkin dapat memperluas jangkauan wifi Anda, tetapi kecepatannya seringkali tetap sama, atau dalam kebanyakan kasus, bahkan melambat.

Untuk mengatasi masalah ini, coba pindahkan router Wi-Fi utama Anda lebih dekat karena jarak memengaruhi kecepatan Internet Anda. Jika Anda adalah pengguna Internet yang berat dan membutuhkan koneksi yang lebih cepat, Anda juga dapat mencoba mendapatkan router tambahan daripada menggunakan repeater.

Ada yang mengganggu sinyal

Di mana Anda menempatkan router wifi memengaruhi seberapa efektif Anda dapat terhubung ke wifi. Jika ada terlalu banyak benda padat antara router dan perangkat yang terhubung, ini dapat menyebabkan penyumbatan sebagian sinyal, yang mengakibatkan kecepatan lebih lambat atau koneksi terputus-putus.

Jika router Anda berada di lantai pertama rumah, misalnya, dan Anda bekerja di lantai dua, Anda dapat mencoba memindahkan router ke ruangan yang sama tempat Anda biasanya menggunakan Internet di tempat kerja.

Penjelasan video

Ringkasan

Jika Anda masih mengalami kecepatan internet yang lambat bahkan setelah melihat kemungkinan penyebab yang tercantum di atas, Anda mungkin ingin mencoba menghubungi spesialis untuk melihat jaringan atau ISP Anda.

Terkait

Leave a Comment