Apa itu USB 3.0? Perbandingan dan cara kerjanya

Jadi Anda berada di toko komputer lokal Anda dan melihat USB flash drive baru dengan huruf kecil “USB 3.0” pada kemasannya. Anda pernah mendengar tentang USB 2.0 dan tahu bahwa ini lebih cepat daripada, katakanlah, koneksi port paralel, tetapi sekarang Anda dihadapkan dengan versi baru yang tidak yakin bagaimana perbandingannya dengan versi USB yang Anda miliki dulu Jika kedengarannya terlalu familiar, Anda berada di halaman yang tepat.

USB 3.0 adalah iterasi utama ketiga dari standar USB untuk menghubungkan komputer dan perangkat elektronik. Itu dapat mentransfer data dengan kecepatan 5 gigabit per detik, atau 5 Gbps, dan dimaksudkan untuk menggantikan USB 1.1 dan 2.0 dengan protokol serial baru yang lebih efisien daripada versi sebelumnya.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur USB 3.0 dan evolusi serta potensi USB secara keseluruhan.

Versi USB: Dari USB 1.0 ke USB 4.0

USB adalah koneksi komputer, tablet, dan smartphone yang paling populer. Itu dapat mentransfer data, menghubungkan ke perangkat dan bertukar informasi di antara mereka. Teknologi ini telah mengalami banyak perbaikan sejak diciptakan pada tahun 1990-an.

Ada tujuh versi USB sejauh ini. Setiap versi yang lebih baru menangani kecepatan data yang lebih tinggi dari pendahulunya sambil meningkatkan panjang kabel maksimum.

Versi aslinya adalah USB 1.1. Itu dirilis pada tahun 1998 dan menawarkan kecepatan data 12 Mbps. USB 2.0 keluar pada tahun 1999 sebagai versi berkecepatan tinggi pertama. Itu dapat mengirimkan data dengan kecepatan maksimum 480 Mbps dan masih digunakan sampai sekarang.

USB 2.0 diikuti oleh USB 3.0 pada tahun 2008, dengan kecepatan data maksimal 5 Gbps; USB 3.1 pada tahun 2013 dengan 10 Gbps; dan USB 3.2 pada tahun 2016 dengan 20 Gbps. Versi terbaru, USB 4.0, dirilis pada tahun 2019. Ini memiliki kecepatan data maksimum yang bahkan lebih tinggi daripada pendahulunya, dengan kecepatan 40 Gbps yang mengesankan.

Kabel USB 3.0

USB 3.0: USB Kecepatan Super

Sebagai iterasi utama ketiga dari standar Universal Serial Bus (USB), USB 3.0 memungkinkan transfer data yang lebih cepat antara komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Versi USB sebelumnya memiliki masalah dengan latensi, yang merupakan waktu yang dibutuhkan data untuk melakukan perjalanan antar perangkat. Banyak konsumen mengeluh bahwa mereka menghabiskan terlalu banyak waktu menunggu komputer mereka merespons saat menggunakan perangkat USB seperti mouse atau keyboard.

Dengan USB 3.0, masalah ini telah dipecahkan karena menggunakan protokol baru bernama “Enhanced SuperSpeed”. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer data dalam jumlah besar lebih cepat dari sebelumnya.

Berikut adalah fitur dan keunggulan lain dari USB 3.0 dibanding versi sebelumnya:

  • Harga transfer. Dengan kecepatan transfer 4,8 Gbps yang mengesankan, USB 3.0 sepuluh kali lebih cepat dari USB 2.0.
  • Konsumsi daya. USB 3.0 mengalahkan pendahulunya 2.0 dalam hal ini juga. Yang pertama menawarkan hingga 900 mA, peningkatan yang signifikan dari 500 mA yang terakhir.
  • Bandwidth lebih besar. Dua jalur data searah USB 3.0 dapat menerima data dan mengirimkannya. Di sisi lain, USB 2.0 hanya dapat menangani satu jalur data, membatasinya pada transfer satu arah.
  • Kompatibilitas mundur. Jika Anda tidak yakin apakah komputer Anda mendukung USB 3.0, Anda masih dapat menggunakan kabel sebelumnya untuk menghubungkan perangkat Anda karena USB 3.0 kompatibel dengan USB 2.0.
Jenis USB dijelaskan

USB 3.0 juga memiliki banyak hal untuk ditawarkan dalam hal konektor yang berbeda:

  • USB-A. Ini untuk kabel USB yang terhubung ke port USB komputer.
  • USB-B. Ini untuk perangkat lama yang tidak menggunakan teknologi USB 3.0 – seperti printer, pemindai, kamera, dan pemutar MP3.
  • USB mikro. Ini digunakan pada beberapa smartphone, serta beberapa laptop buatan Apple atau Microsoft.
  • Mini USB. Ini digunakan pada kamera digital lama dan perangkat yang memerlukan pengisian melalui kabel (bukan pengisian nirkabel).
  • USB-C. Ini adalah jenis koneksi terbaru yang digunakan di sebagian besar laptop dan ponsel terbaru buatan Google atau Samsung (dan bahkan beberapa mobil).

Kesimpulan

USB 3.0 persis seperti namanya: USB versi utama ketiga. Ini adalah lompatan besar dari USB 2.0 dengan lebih banyak cara daripada yang dapat kami sebutkan. Perbedaan utamanya sederhana: kecepatan super, perangkat lebih kecil, dan manajemen daya baterai yang lebih baik.

Terkait

Leave a Comment