404 Kesalahan – Semuanya Dijelaskan dan Cara Memperbaikinya

Memuat halaman web hanya untuk mendapatkan kesalahan 404 alih-alih konten cukup umum. Kesalahan ini memberi tahu Anda bahwa halaman yang Anda cari tidak tersedia. Dan Anda mungkin bertanya-tanya apa yang menyebabkan kesalahan ini – mesin pencari Anda atau situs web itu sendiri?

Kesalahan 404 adalah kode respons HTTP yang berarti server web tidak dapat menemukan halaman yang Anda minta. Salah satu penyebab kesalahan ini adalah penghapusan situs web oleh pemilik situs web atau pihak ketiga. Penyebab lain dari kesalahan 404 adalah URL yang salah.

Anda mungkin tidak selalu melihat pesan kesalahan 404 yang sama di layar Anda, karena teks tertulis mungkin muncul dengan sedikit variasi bergantung pada situs webnya. Sisa dari artikel ini akan menjelaskan kesalahan 404 secara lebih rinci dan cara mengatasinya.

Tidak Ditemukan kesalahan Google 404

Apa itu kesalahan 404?

Error 404 muncul saat browser Anda tidak dapat menemukan halaman web. Ini umumnya yang terjadi:

  • Anda mencari halaman di situs web atau melalui mesin pencari.
  • Server situs web mencari situs web tetapi tidak dapat menemukannya.
  • Server situs web mengirimkan kesalahan 404 ke browser Anda.

Tidak tersedianya situs web dapat disebabkan oleh beberapa alasan:

  • Pemilik situs menghapus halaman atau mengubah URL. Dalam hal ini, Anda mungkin akan menerima pesan kesalahan HTTP 404.
  • Jika Anda mengetik URL situs web yang salah.
  • Ada kesalahan kode di bagian belakang.
  • Ada tautan rusak atau kesalahan dengan teks URL.
  • Nama domain situs web tidak ada lagi.

Ingatlah bahwa kesalahan 404 berarti bahwa kesalahan tersebut bukan pada server situs web, tetapi pada halaman yang Anda coba muat.

Jenis kesalahan 404

Pesan kesalahan di layar Anda biasanya mengatakan satu 404 kesalahan dalam teks. Namun, kadang-kadang Anda mungkin mendapatkan pesan tentang itu URL atau halaman yang Anda minta tidak tersedia tanpa menyebutkan kesalahan 404. Ketika pesan seperti itu muncul, kesalahannya masih 404.

Cara memperbaiki kesalahan 404

Jika masalahnya bukan pada backend situs web, Anda mungkin dapat memperbaiki kesalahan 404. Inilah yang dapat Anda coba:

  • Pertama coba cari halaman itu lagi atau segarkan halaman. Jika kesalahan terjadi karena halaman gagal dimuat dengan benar, Anda mungkin dapat mencoba memuatnya lagi. Ketik ulang URL di jendela browser baru atau segarkan halaman saat ini dengan pesan kesalahan 404.
  • Alih-alih mengetik URL langsung ke bilah browser teratas, coba muat halaman melalui hasil pencarian. Masukkan nama situs di bidang pencarian dan klik halaman dari sana saat Anda mendapatkan hasil pencarian.
  • Periksa URL untuk kesalahan. Anda mungkin salah mengeja URL atau menggunakan kata yang berbeda.
  • Buka situs web di perangkat lain. Masalahnya mungkin cache atau cookie browser Anda, yang tidak akan mengganggu Anda di perangkat lain.
  • Coba ekstrak level direktori, satu per satu, dari URL. Hapus tingkat direktori terakhir dari URL. Misalnya, jika URL aslinya adalah www.mynameis.com/level1/level2/level3/ dan menunjukkan kesalahan 404, hapus level 3 sehingga URL Anda terlihat seperti www.mynameis.com/level1/level2 /. Jika ini tidak berhasil, hapus level 2. Jika halaman tersedia, Anda mungkin dapat menemukannya dengan cara ini.

Jika tips di atas tidak berhasil, hubungi situs untuk mencari tahu mengapa halaman tidak dapat dimuat.

Video tutorial

Kesimpulan

Kesalahan 404 adalah standar dan dapat muncul karena kesalahan yang Anda buat atau kesalahan pihak pemilik situs web. Anda hanya dapat memperbaiki masalah jika masalahnya bukan pada situs web. Sejauh menyangkut pemilik situs web, kesalahan 404 menciptakan pengalaman pengguna yang buruk dan dapat menurunkan peringkat pencarian.

Leave a Comment